Perihal Positif di Awal Tahun

Melihat sekilas bobroknya riwayat tahun lalu bikin mikir kalau tahun ini emang baiknya dibikin rileks aja tanpa memasang ekspektasi berlebih. Santai tapi serius. Santai tapi jalan terus. Ga perlu narasi usang ndakik-ndakik tentang new year, new me. Ga butuh resolusi-resolusi gres buat menutupi fakta bahwa bahkan resolusi tiga tahun lalu aja ada yang belum berhasil dipenuhi. Pokoknya yang penting tahun ini setidaknya bisa memberi kejutan-kejutan kecil yang positif untuk diri sendiri, deh.

Tapi, ya, kejutannya ga perlu sampai positif Covid-19 juga, dong.

Aku masih ingat gimana paniknya hari Sabtu malam itu, 30 Januari, saat indra penciumanku tiba-tiba mandek. Deg-degan, aku curhat ke salah satu teman dan si dia langsung memberi kalimat-kalimat penenang. Gapapa, gapapa. Mungkin emang lagi mau pilek aja. Jujur tetep panik, tapi paniknya pindah jadi di dalam hati doang. Iya, mungkin emang lagi mau pilek.

Besoknya aku ambil tes swab antigen, setelah berbagai pertimbangan dan saran dari saudara dan teman yang pernah jadi penyintas. Kukira aku bakal chill aja apapun hasilnya. Pas dapet amplop hasil tes, udah pasrah dong. Gapapa, gapapa. Apapun hasilnya harus diterima. Kubukalah surat hasilnya. 


Hasil Pemeriksaan

SARS CoV-2 Antigen                    Positif


Wow, syok. Sempet kubaca berkali-kali tuh isinya buat memastikan, padahal ya hasilnya mustahil berubah. Pas balik kos, di atas motor sempet teriak kayak orang stress. Sampe kosan nangis-nangis telepon masku. Huhuhu kok bisa aku positif. Kenapa harus aku. Aku padahal jarang keluar. Blablabla. Beruntung punya keluarga yang chill semua sejak orok. Udah tuh aku ditenangin sampe nangisnya berhenti.

Lebay, ya? Aku juga ga nyangka bakal se-gaterima itu sih pas tau hasilnya. Tapi, ya, kalau dipikir-pikir, sekitar awal tahun emang aku terlalu kendor sama protokol kesehatan. Ga kayak pas paruh awal Covid-19. Mungkin emang lagi ditegur aja sama Allah. Diingetin kalau woi??? Covid-19 masih ada loh???

Mulai besoknya, aku lanjut isoman sampe tiga hari. Awalnya aku menolak tes swab pcr karena yakin seratus persen kalau bisa menangani diri sendiri. Ya ga sendiri-sendiri amat, ding. Kalo mau makan tetep titip temen, hehe. Tapi intinya nolak mentah-mentah tes swab pcr. Aku udah sedia amunisi buat isoman. Titik.

Kalau dipikir-pikir, lumayan denial juga aku pas itu. Kenapa harus aku masih terngiang-ngiang di kepalaku. Muter-muter tiap hari. Rutinitasku jadi nambah satu, yaitu nangis. Nangis mulu tiap malem sampe capek sendiri. Ditelepon ayah ibuk, nangis. Dibawain makanan temen, nangis. Ditanyain kabar, nangis. Pokoknya selain makan tidur mandi ibadah, nangis jadi agenda rutin selama tiga hari berturut-turut. 

Hari keempat, setelah bisa mikir agak jernih, aku memutuskan buat menghubungi petugas puskesmas setempat, lapor kondisi serta minta tips isoman. Eh, disaranin buat dirujuk ke safe house/rumah isolasi dengan syarat kudu punya hasil tes swab pcr positif. Yaudah tuh langsung berangkat ke klinik yang sama tempat aku tes swab antigen. Hasilnya, ya jelas positif. Malemnya langsung packing buat persiapan isolasi 10 hari di RS Lapangan Ijen. 

Dari sini agaknya bisa ditarik kesimpulan kalau ngga selamanya yang positif itu positif

Ya, bener sih, masih bisa dicari lah positifnya. Positif mumet, misal. Positif parno juga ngebayangin kehidupan isolasi. Pusing, lah, pokoknya.

Hari kelima, ba'da dhuhur, berangkat tuh ke RSL naik motor. Sampai tanggal lima belas Januari, hari-hariku dihabiskan di RSL bareng pasien-pasien lain. Tidur, olahraga, ibadah, cek kondisi vital, makan, ngobrol. Gitu terus selama sepuluh hari. Senang bisa ketemu orang-orang yang super menyenangkan dan kocak selama tinggal di RSL. Yakin, sih, siapapun yang jadi alumni RSL, selain pulang mengantongi status positif bebas Covid-19, pasti juga positif BB naik minimal tiga kilogram. Pikiran adem, badan sehat, perut bahagia. Hehehe.

Beberapa hari setelah selesai masa isolasi, tiba-tiba nemu thread di Twitter tentang 5 stages of grief: denial, anger, bargaining, depression, acceptance. Lima fase yang kurang lebih (menurut ilmu cocoklogiku) sama dengan yang kualami. Ya meskipun kalau dalam konteksku, the grief yang aku rasain ya kehilangan status sebagai orang sehat bebas Covid-19.

Kalau diulas nih ya, awal dapet hasil tes, denial parah. Menyangkal terus-terusan. Lanjut marah-marah, ga terima, nyalahin keadaan. Mulai ke step bargaining, berandai-andai kalau dulu aku lebih pinter jaga diri, ga gampang nerima ajakan main, dan tetep mempertahankan ego, mungkin ga akan begini jadinya. Tahap depresi, sih, kayaknya ga seserius itu kualami, cuma merasa duh kok ga lucky banget ya aku. Di antara jutaan orang, kenapa harus aku yang kena. Di antara berbagai kondisi, kenapa aku harus terpapar virus saat imun lagi ga bagus. Padahal kalau dipikir ya salahku juga kurang bisa jaga kesehatan. Nah, mulai sini udah bisa mikir jernih. Mulai menerima kalau kondisiku tuh waktu itu ya sebagai pasien Covid. Gaada cara lain lagi selain pasrah dan usaha buat balikin semangat biar imun tubuh naik.

Oh, iya. Di post sebelum ini, aku sempet doa agar di 2021 bener-bener bisa hidup dan menikmatinya. Ga cuma nyari silver lining. Tapi ternyata ya balik lagi siklusnya. Ujian itu nyata adanya dan akan selalu ada sampai kapanpun. Jadi manusia ya harus siap mencari hikmah di setiap ujian. Pasti ada, meskipun kudu melewati masa mumet sekalipun. Mengutip kata Vision; what is life, if not jatuh bangun persevering? 

Ga deng. Ngarang aja. I didn't even watch the series, hehe. Intinya gitu lah. 

Jaga kesehatan selalu, teman-teman. Isi hidupmu dengan hal-hal positif, tapi jangan sampai positif Covid-19. Ingat, Covid-19 masih ada dan kita punya kesempatan yang sama buat menyandang status positif Covid-19 kalo kita ga patuh protokol kesehatan. Stay safe!

Comments

  1. HUGS HUGS HUGS!
    Finally
    Things I really wanted to hear
    Thanks for letting us know!!
    And for the reminder!

    ReplyDelete

Post a Comment